Ubuntu Sweet Home 3D

9 10 2008

Mendesign rumah dan seisinya, pastinya kita tahu software yang digunakan adalah Autocad. Namun kita pasti juga tahu bahwa harga autocad gila-gilaan mahalnya. Solusinya, beli autocad di glodok yg harganya juga gila-gilaan murahnya. Belum lagi autocad hanya berjalan di OS windows, belum tahu apakah ada versi utk mac (mungkin ada utk versi Machintos). Untuk di linux saya belum pernah mencoba menjalankan autocad menggunakan aplikasi emulator wine. Kalau pun memang autocad bisa running di emulator wine, tentunya autocad yg digunakan bajakan ( Lah wong OS-nya aja pake yg gratisan :p ).

Aplikasi 3d lain untk mendesign rumah selain autocad adalah 3dmax dan juga Blender. Namun harga 3dmax pun gak jauh dari Autocad. Sedangkan Blender walau gratis, namun agak sulit penggunaanya. Namun kini ada aplikasi yg gratis dan mudah menggunakannya, serta bisa berjalan di Linux. Sweet Home 3D, sangat mudah digunakan dan juga gratis pastinya.

Klik disini utk download dari harisonly.4shared.com.

Setelah di download, extrac lalu masuk ke folder extrac tsb. Double click file SweetHome3D. Lalu akan muncul pertanyaan Do you want to run “SweetHome3D”, or display its contents? Pilih Run.

Sweet Home 3D juga tersedia untuk WIndows dan juga Machintos. Untuk informasi lebih lanjut bisa lihat www.sweethome3d.sourceforge.net. Terdapat juga furniture tambahan utk library object, kita bisa langsung download lalu import furniture.

Klik disini utk download Sweet Home 3D versi Windows.

Klik disini utk download Sweet Home 3D versi Linux.

Klik disini utk download Sweet Home 3D versi Machintos.

Klik disini utk download furniture tambahan.


Actions

Information

9 responses

9 10 2008
andri

wuish,,sayang spec komp gw “rada2”,,
patut dicoba jg tuh,,
gmpangan mana ris ini ap 3d?

9 10 2008
harisonly

Enteng kok ndri, gak harus pake spek yg tinggi. Bedalah sama 3dmax or autocad. Ini khusus untuk design interior tok!! Klo 3 max kan bisa buat anmasi, sedang autocad bisa utk ngerancang apa aja. Nah klo Sweet Home 3D ini khusus bener2 khusus utk home design interior.

10 10 2008
andri

o0o,,
patut dicoba nih,,
kpn2 gw donlod ah,,
pgn desain my room^^

24 10 2008
luvrun

whuaaaaaaaaa.. harisonly harisonly…gw binun mu taruh post dmn jd dsni aj dew..
hihihihihi… semalam gw nyoba instal Ubuntu tuch bro.. eh pas minta space pasrtisi gw rada gmn gitu.. secara ya bow! pernah bukan kejadian. terus gmn dunkz ris..??
biar data gw ga ilang. terus byasa’y khn gw klo instal linux itu berada dlm win. tp gw ga mu.. hmm…

tingkyu ya bro

26 10 2008
harisonly

Klo pertanyaan gak sesuai dengan post, kan bisa nanya lewat email. Atau qkie post sendiri aja di blog qkie terus nanti kan gw baca. Jadi semua orang bisa membantu. Pertanyaan qkie ini kan bener-bener gak nyambung sama judul post ini.

Ok gw jawab, tapi jangan diulangin lagi ya…
Maksudnya install ubuntu dlm windows??? Mana bisa ubuntu di install dalam windows cuz ini sudah beda operating system. Kecuali menggunakan aplikasi semacam virtual box di windows, tapi itu pun tdk maximal penggunaan ubuntu.

Bikin partisi kosong aja dulu utk ubuntu dgn format partisi ext3, lalu buat juga partisi kosong sebesar 2x dari besar memori PC dengan format harddisk SWAP. Nantinya partisi swap ini berguna utk membantu kinerja memori, lalu partisi ext3 digunakan utk os ubuntu.

11 11 2008
andri

wkakaka..
penyimpangan post nih..^^
jd pgn coba install jg..^^

11 11 2008
harisonly

install apa nih?? inilah akibat dari penyimpangan pos… jadi bingung mksd comment lu mw install Sweet Home 3D atau install Ubuntu :p

11 02 2010
boinenoire

bro mohon bantuannya donk.. dulu gw pernah pake sweethome3d di windus.. nah, pelan2 ane migrasi ke ubuntu.. nah, ane dah download ni sweethome3d buat linux.. gw berharap file installernya paket .deb… eh, ternyata tar.gz.. pusing gw installnya.. tolongin donk..

12 02 2010
harisonly

Wah gak usah di install bro…
Tinggal di extract aja, lalu permissions nya diubah menjadi executable.
Tinggal double klik file SweetHome3D nya deh..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: