wvdial.conf Huawei E220 dengan im2

30 11 2008

Untuk menggunakan Modem Huawei E220 di windows dapat kita gunakan aplikasi dari storage modem tersebut dan utk machintos pun tinggal download, install lalu dapat dengan mudah digunakan. Untuk linux pun juga ada, yaitu kita bisa mendownload aplikasi Vodafone Mobile Connect Card Drive For Linux. Namun aplikasi yang saya gunakan di sistem operasi Ubuntu ini sering bermasalah, yaitu modem huawei tdk terdetect oleh aplikasi ini. Padahal pas saya cek di lsusb terminal konsole jelas-jelas terdetect dgn nama Huawei Technologies Co., Ltd. E220 HSDPA Modem. Mungkin karena aplikasi ini yg masih beta, utk mengatasi masalah itu maka saya menggunakan perintah wvdial pada terminal konsole linux.

Pastikan wvdial sudah terinstall di linux.

Berikut parameter konfigurasi yg digunakan,

———————————————————–

[Dialer Defaults]
Modem = /dev/ttyUSB0
Baud = 3600000
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2
Init3 = AT+CGDCONT=1,”IP”,”indosatm2″
Area Code =
Phone = *99#
Username =
Password =
Ask Password = 0
Dial Command = ATDT
Stupid Mode = 1
Compuserve = 0
Force Address =
Idle Seconds = 0
DialMessage1 =
DialMessage2 =
ISDN = 0
Auto DNS = 1

———————————————————–
Konfigurasi diatas untuk koneksi e220 dengan im2, jangan lupa mengisi Username dan password yg masih kosong.

Semoga berguna.


Actions

Information

19 responses

1 12 2008
Belutz

e220 ngga kedetek di VMC? Ada triknya tuh😀
1. Colok modem e220, sampai dapat sinyal
2. Cabut modem, lalu colok lagi sampai dapat sinyal
3. Jalanin VMC, biasanya langsung detek😀

Atau coba pakai Ubuntu 8.10, udah bisa langsung detek. Koneksinya tinggal pilih dari applet network-manager di kanan atas, ngga perlu pakai VMC, atau setting wvdial

1 12 2008
andi herman

Terima kasih atas informasinya….
Salam kenal ya….
Ntar klo ada masalah saya tanya lagi ^-^

1 12 2008
andi herman

Maaf mo nanya klo upgrade modem ke Vista gimana Yach???
Truz klo di upgrade apa bisa dijalankan di XP lagi???
Modem yang baru kan sudah di Upgrade Firmwarenya jadi 7,2 Mbps
Apa tidak berubah???
Trim’s Maklum baru kenal ma modem…

1 12 2008
harisonly

@ Belutz
Gw udah berkali-kali pasang-cabut pasang-cabut, kadanga bisa tapi lebih byk gak bisanya😦
Interpid udah bisa lgsg detect ya kya Machintos?? mantaabb… ntr gw upgrade dlu deh laptop gw ke interpid, cz yg interpid baru yg desktop😀
thx bro…

@ Andi Herman
Jika firmware di upgrade utk vista modem tetep bisa digunakan di xp.
Setahu saya jika modem sudah di upgrade ke 7,2Mbps seharusnya sudah bisa di vista juga.

1 12 2008
Belutz

@harisonly
di mac tetep harus install drivernya😀

1 12 2008
harisonly

@ Belutz
Iya install drivernya, mksdnya utk konek gak harus pake aplikasi dari huaweinya, bisa lgsg konek di network… (lupa network apa, cz gw gak megang mac :p).

1 12 2008
Belutz

@harisonly
bukannya kalau di windows bisa di set juga untuk konek ngga pakai aplikasi bawaan dari modem?
tinggal create new connection. Nah gantian gw ngga pegang windows jadi ngga tau😀

1 12 2008
harisonly

@ Belutz
Diwindows bisa blutz lgsg konek pk create new connection, tapi itu kan diwindows. Di Ubuntu sangat gw nanti-nantikan🙂

2 12 2008
QQ Luvrun

ris,, gw pake OpenSuse.. bisa jg ta?? oya jadi klo mo jlnin modem huawei itu harus dunlus instalan’y gt?? terus klo mu ngedeteksi’y dmn yak???
*selain disuruh tanya om google* hihihi…
thks yup

2 12 2008
harisonly

@ qq
Gw gak pake OpenSuse, so gak tw. Tapi gw rasa bisa, dan setelah gw googling ternyata memang bisa.
http://en.opensuse.org/SDB:HUAWEI_E220_Support
http://amaixperbanas05.wordpress.com/2008/11/02/install-modem-huawei-e220-di-open-suse-103/
dan masih banyak lagi di google…

4 12 2008
QQ Luvrun

hahaha.. mksh bro!! oya.. btw o themes qta sama yak?! hihihi… bisna lebih enak dilihat yg ini,, lgpl biar foto linux bola’y terlihat keran aja..

5 12 2008
harisonly

Namanya juga theme gratisan, ya bnayak yg nyamain dej😀

21 01 2009
abdul rahman puasa

saya punya masalah dengan modem saya, setelah saya upgrade ternyata untuk pemakaian kedua saya sudah tidak bisa lagi menggunakannya. mohon bantuannya

21 01 2009
harisonly

@ abdul rahman puasa

Kemungkinan saat anda meng-upgrade firmware koneksi hardware anda terputus yg mengakibatkan gagal upgrade dan kemungkinan (bukan nakut-nakutin ya :D) rusak. Coba masalah anda ini anda lempar ke forum-forum, jelaskan pula langkah2 anda saat meng-upgarde secara detail. Krn setahu saya jika saat meng-upgrade dan koneksi modem anda terputus dengan pc maka modem tsb rusak😀 (maaf tdk membantu tapi malah nakutin). Semoga forum bisa menjawab dan memberi jalan keluar masalah anda.🙂

17 03 2009
ari

um mau tanya dong driver / software modem e220 buat mac leopard 10.5.4 dpt download dimana ? trus caranya om… maklum gaptek nih uuumm… thx ya um..

17 03 2009
ari

um tanya driver modem huawei e220 dapat dimana trus caranya ya um maklum gaptek nih um… tengkiu ya um… oh iya um… buat leopard 10.5.4 ya um…

18 03 2009
harisonly

@ Ari

bisa di dunlud di sini, install seperti aplikasi biasa (tentunya di machintos).

Konfigurasi networknya:
– Telephone number: *99#
– User name: –> [username account provider yg digunakan]
– Password: –> [password account provider yg digunakan]
– Vendor: Generic
– Model: GPRS (GSM/3G)
– APN: [APN account provider yg digunakan]
– CID: 1

27 03 2010
abdee

q baru punya tp kok g’ bisa2 connection ya???
q pake windows vista..settingnya gmana sih..biar bisa connec

oh ya gmana sih upgreadx biar jd 7,2 mbps??

mohon bantuanya ya..terimakasih

29 03 2010
harisonly

Untuk setting cukup mudah, ikuti tutorial berikut https://harisonly.wordpress.com/2008/09/16/modem-huawei-e220-dgn-axis/
Pada tutorial tersebut saya menggunakan kartu axis, sesuaian dengan kartu provider yang anda gunakan.

Lalu untuk upgrade ke 7.2 bisa ikuti langkah berikut https://harisonly.wordpress.com/2008/09/11/upgrade-speed-huawei-e220-dari-36-mbps-menjadi-72-mbps/
Namun saya tidak bertanggungjawab jika terjadi kesalahan pada saat upgrade.

Terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: