Dia – Editor untuk Diagram Struktur

25 01 2009

Awalnya, ketika saya diberikan tugas oleh ketua pelaksana dan ketua bidang dalam suatu acara kegiatan utk membuat SOP (Standard Operation Procedure). Sang ketua pelaksana mengatakan utk membuat digramnya menggunakan Microsoft Visio. Namun karena saya tidak memiliki Microsoft Visio (maksudnya Microsoft Visio Original, klo bajakan bisa beli or pinjem temen) maka saya sempet bingung. Klo di ubuntu ada aplikasi Editor untuk Diagram Struktur namanya “DIA”. Namun saat itu Linux ubuntu saya sedang sekarat, satu-satunya jalan adalah re-install ubuntu. Namun karena beban tugas masih banyak tidak sempat utk re-install ubuntu. Iseng searching di google mencari “Aplikasi Dia” ini utk windows, ternyata ada utk versi windows. Wah wah wah… Banyak sekali aplikasi linux yg ada utk versi windows. Sedangkan aplikasi windows utk versi linux, dikit :p

Dia

Dia

Ketika saya mendownload versi terbaru (saat itu) yaitu versi 0.96.1 dan menggunakannya di windows, menu-menunya dalan bahasa indonesia. Terimakasih kepada Imam Musthaqim <musthaqim@telkom.net> yang sudah mentranslitnya dalam bahasa indonesia, kan kita harus mencintai bahasa kita :).

Dia Toolbox yg terpisah dengan lembar kerja

Dia Toolbox yg terpisah dengan lembar kerja

Ketika saya menggunakan, tidak begitu mendapat kesulitan. Karena memang saya belum pernah menggunakan Microsoft Visio, jadi tidak bisa membandingkan dengan microsoft visio. Intinya dengan aplikasi ini, kita tetap bisa mengerjakan tugas tanpa harus menggunakan Aplikasi Bajakan.

SOP menggunakan DIA

SOP menggunakan DIA

File document dari dia ini adalah berekstensi .dia yang dapat dieksport ke beberpa file dokumen lain seperti:

Export to file

Export to file

Download Dia for windows,

http://dia-installer.de/index_en.html

Download Dia utk ubuntu, cukup masuk ke terminasl lalu ketik

sudo apt-get install dia

Semoga bermanfaat.


Actions

Information

Leave a comment