Virus Conficker

22 03 2009
US$ 250000 Reward

US$ 250000 Reward

Pengguna Operating System Windows kembali diserang virus. Kali ini bukan virus main-main, virus ber-engine teknologi tinggi menyerang para pengguna windows. Dan tak tanggung-tanggung, Microsoft pun sebagai perusahaan pemilik Windows menghadiahi uang sebesar 250.000 US dollar bagi siapa saja yang dapat mengungkap siapa pembuat virus tersebut.

Virus Conficker merupakan satu-satunya virus yang menggunakan teknologi rootkit yang sangat canggih. Virus dengan teknologi tinggi ini hidup bagaikan siluman yang bisa menetap dimana saja termasuk di memory, selain itu virus ini mampu melindungi diri sendiri dari antivirus yang ada. Belum ada antivirus yang mampu mendeteksi keberadaannya.

Virus Conficker tidak merusak file-file data user. Virus ini hanya memblokir situs-situs antivirus, updating windows serta situs-situs update sistem, firewall serta database virus, dll. Lantas jika virus ini tidak merusak data, mengapa Microsoft mengeluarkan dana sebesar 250.000 US Dollar untuk mengungkap dan menangkap sang penciptanya. Tak lain karena virus ini membuka lubang-lubang keamanan windows, begitu yang diungkapkan oleh Anton Pardede selaku Pimpinan Redaksi PC Media dalam acara Metro TV e-Lifestyle pada minggu 22 maret 2009 jam 09.05 wib yang bertajuk Virus Conficker Menyerang Dunia.

Anton pun memberikan penjelasan bagaimana untuk mengetahui windows kita terjangkit virus ini. Yaitu ada dua cara untuk mengetahuinya, dengan cara manual atau menggunakan PC Media Antivirus (PCMAV) Express For Conficker.
Cara manual yaitu jika kita membuka situs microsoft ataupun situs-situs antivirus, namun yang muncul adalah Address not found padahal jaringan internet tidak bermasalah maka kita harus curiga.
Cara kedua dengan menggunakan PC Media Antivirus Express For Conficker. Antivirus khusus utk conficker ini khusus Tim Anton ciptakan untuk mendeteksi serta membersihkan komputer kita secara tuntas. Kemampuan PCMAV Express for Conficker ini mempunyai kemampuan akurasi yang sangat tinggi hingga mampu mengembalikan regedit sistem secara utuh. Dan yang perlu kita bangga adalah antivirus ini adalah ciptaan para anak bangsa Indonesia. PCMAV Express for Conficker ini bisa bebas di download di http://virusindonesia.com. Ketika menjalankan PCMAV Express for Conficker akan diminta untuk mematikan semua jaringan internet yang terhubung ke komputer kita.

Dengan terbukanya lubang di Sistem Operasi kita, maka akan memudahkan trojan-trojan ataupun virus-virus lain utk masuk ke sistem windows kita. Dengan kata lain virus conficker tidak merusak data, tapi virus ini membuka jalan virus serta trojan lainnya utk masuk ke sistem. Jika sistem operasi kita sudah berlubang tdk menutup kemungkinan para cracker akan lebih mudah menguasai komputer kita. Dan jika yang dikuasai/diambil alih oleh cracker merupakan komputer/server berskala nasional, maka akan sangat berdampak pada keamanan suatu negara.

Karena itu, berhati-hatilah atas penyebaran virus ini. Tetap waspada dan berhati-hati dalam bertukar data. Selalu update sistem windows anda dan juga update pula antivirusnya. Jangan menggunakan windows bajakan, karena microsoft telah menutup akses update bagi pengguna windows bajakan. Dengan windows yg tdk di-update, akan menjadikan sistem kita ladang subur bagi penyebaran virus-virus. Beralihlah ke sistem operasi Open Source seperti linux blankon, igos, ubuntu, fedora, mandriva, atau linux-linux lainnya. Karena virus ini dan virus-virus lainnya tidak bisa hidup di platform linux.


Actions

Information

6 responses

12 06 2009
pias

1 lagi tambahan ris… jangan biasakan users memakai user dengan level Administrator di Windows… Limited aja

13 06 2009
harisonly

thx sarannya…
Gak jauh berbeda dgn linux, jgn sering menggunakan Super User🙂

12 06 2009
pias

Kebiasaan buruk kita selama ini… terbiasa dengan menggunakan akun administrator dilingkungan Windows….😦

13 06 2009
harisonly

Sebenernya gak pernah ketemu virus…
Coz pake Ubuntu.. heheheh (lol)

17 09 2009
Farid

Solusi Manual: cari File virusnya, setelah dapat (teknis nya terserah) biasanya cari konfigurasi autorun nya. bisa melalui regedit atau msconfig. kalo gak bisa akses keduanya. lakukan seperti berikut:

1. download pe builder( http://www.nu2.nu/pebuilder/download/ ).
2. pastikan sudah punya anti virusnya(update database virusnya).
3. pastikan juga sudah punya memory cleaner nya (http://download.cnet.com/Instant-Memory-Cleaner/3000-2086_4-10571833.html)
4. buat bootable cd pake pe builder.
5. include program anti virus dan memory cleaner program nya di pe builder seting.
6. burn ke cd.
7. restart dan masukan cd yang sudah dibuat. secara otomatis pe bulder akan di boot.
8. tunggu beberapa saat, setelah program anti virusnya kebuka. berarti anda sudah siap untuk melakukan pembasmian.
9. Opsi 1: jika sudah tau sumber file virus nya, klik menu go kemudan run trus cari file nya lalu hapus, trus jalanin memory cleanernya yang ada pada menu go; bersihkan. sudah beres dah…, tinggal direstart aja.
10. Opsi 2: jika anda blom tau sumber file virusnya. jalan kan anti virusnya. lalu scan. setelah bersih, lanjutkan pembersihan memory dengan memory cleanernya.

Berlaku untuk virus yang bandel. Ampuhhhh…..!

selamat mencoba…..

18 09 2009
harisonly

Wow… its a great sharing…
Makasih banyak ya..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: