Upload file menggunakan FileZilla

19 12 2010
FileZilla

FileZilla

FTP atau File Transfer Protocol merupakan protokol dalam internet yang digunakan untuk tukar menukar file dari client ke server ataupun dari server ke client. Sehingga bisa digunakan pula untuk mengunduh dan juga mengunggah file. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk memanfaatkan port ftp ini. Salah satunya aplikasi yang sering digunakan adalah filezilla. Aplikasi ini memiliki versi-versi untuk Windows, Linux bahkan MacOS. Bersifat OpenSource, sehingga source code aplikasi ini dibuka untuk umum untuk di kembangkan.

FileZilla dapat di download langsung melalui websitenya di http://filezilla-project.org/download.php atau jika anda menggunakan OS Ubuntu dan terkoneksi dengan internet anda dapat dengan mudah menginstallnya. Cukup dengan masuk ke terminal (konsole) lalu ketik:

sudo apt-get install filezilla

Untuk menggunakan aplikasi FileZilla ini, terbilang cukup mudah. Hanya dengan 4 tahap, kita sudah dapat dengan mudah me-remote ftp port server/hosting kita.

Tampilan FileZilla

Tampilan FileZilla

  1. Masukan alamat hosting server kita, bisa berupa domain, bisa juga berupa ip.
  2. Masukan username ftp server/hosting kita.
  3. Masukan password server/hosting kita
  4. Lalu klik Quickconnect untuk memulai remote.

Jika konfigurasi yang anda masukan sudah sesuai dengan konfigurasi server/hosting anda, maka pada remote windows (jendela sebelah kanan) akan tampil file-file/folder-folder server/hosting yang telah kita remote.

filezilla

filezilla

Disebelah kiri merupakan jendela explorer local komputer kita, dan disebelah kanan adalah jendela explorer server/hosting yg telah berhasil kita remote.

Untuk melakukan peng-upload-an file, cukup kita browse file yang akan kita upload pada jendela local site, lalu drag ke jendela remote site letakan pada folder yang kita inginkan.

Lalu jika kita ingin men-download file dari server/hosting kita, cukup mendrag file yg ada di remote site ke jendela local site.

Cukup mudah dan efesien daripada kita harus menggunakan cpanel server/hosting kita. Beberapa keuntungan dan kemudahan lain jika kita menggunakan aplikasi ini adalah:

  1. Dapat dengan mudah membuat folder, cukup dengan klik kanan – new folder, kita sudah dapat membuat folder pada server/hosting kita.
  2. Edit file html/php/css/dsb dengan mudah karena sudah terintegrasi dengan aplikasi local editor pada komputer kita.
  3. Dapat dengan mudah mengubah file attribute, cukup dengan klik kanan file yang akan kita ubah attributnya, lalu pilih File Permissions.
  4. Dapat dengan mudah memanagemen lokasi file-file pada server/hosting.
  5. Multi-Remote, kita dapat meremote server/hosting kita yang lain secara bersamaan.

Download pdf


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: